Jumat, 15 Mei 2015

TINGKATAN ILMU DAN PRIORITAS PENDIDIKAN UNTUK ANAK

TINGKATAN ILMU DAN PRIORITAS PENDIDIKAN UNTUK ANAK
1. Tingkat maqam Pertama adalah Al Qur'an dan Sunnah. Ini fondasi pendidikan yang harus pertama kali diterima anak, dan tanpa digangguan informasi lain. Di dalam proses ini, kehebatan fitrah seorang anak, dipertemukan dan ditancapkan secara permanen dengan sumber kebenaran semua ilmu, keterampilan dan profesi, yaitu wahyu Alloh dan Sunnah Rosululloh.
Targetnya: sejak dini, kemudian remaja, hingga dewasa, anak anak kita akan menjadikan wahyu Alloh Al Qur'an dan Sunnah Rosululloh sebagai alat dalam memandang dan menilai segala hal yang dihadapinya sepanjang hayat.

2. Tingkat maqam kedua adalah ilmu-ilmu fardhu 'ain, yaitu semua ilmu yang wajib dimiliki yang akan menjadikan anak trampil dan kuat dalam memahami dan mengamalkan Wahyu Alloh dan Sunnah Rosululloh.
Ilmu-ilmu fardhu 'ain adalah 'aqidah, akhlaq, dasar-dasar fiqh, bahasa Al Qur'an ( bahasa arab), 'ulumul Qur'an, 'ulumul Hadist, sejarah Islam, dan sebagai nya

3. Tingkat maqam ilmu yang ketiga adalah  ilmu kategori fardhu kifayah, jenis ilmu-ilmu yang penting untuk memelihara kemaslahatan masyarakat, tetapi tidak setiap orang harus menguasainya. Kedokteran, ekonomi, administrasi, psikologi, IT, dan sebagai nya

4. Life skills
Keterampilan untuk bertahan hidup, bekal guna memberi sebanyak banyaknya manfaat  untuk orang di sekitarnya, bukan sekedar 'cari nafkah'.
Karena fungsi manusia itu lebih mulia dari sekedar itu yakin menjadi khalifah di muka bumi.

*sumber : ,makalah prof. Syeid M. Naquib Al-Attas dalam Muktamar Pendidikan Islam pertama di Makkah tahun 1977.
Beliau tentara alumni akademi militer Sandhurst, Inggris. Arsitek, ahli bahasa, Seniman dan pemikir Islam.
    -majalah Aulya no 07 tahun VIII Muharam-Shafar1432-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar